BSA A10 Golden Flash

BSA A10 Golden Flash

BSA Golden flash  kapasitas mesin  646 cc (39,4 cu in) Twin berpendingin udara  paralel yang dirancang oleh Bert Hopwooddan diproduksi oleh Birmingham Small Arms Company (BSA) di Small Heath, Birmingham . Kode-bernama BSA A10, tersedia dalam warna hitam dan krom dengan striping warna cat emas yang khas, itu mengapa di sebut dengan nama BSA A10 Golden flash.

Bert Hopwood  pernah menjabat  sementara di bawah desainer Val Halaman di Perusahan  Ariel . Pada tahun 1936, Hopwood pindah ke Triumph , ia bekerja di bawah kepemimpinan Edward Turner untuk mengembangkan  Triumph Speed ​​Twin 1937, Produk yang  inovatif  dengan mesin Twin paralel  ini menjadi contoh para Produsen sepeda motor di Inggris pada tahun 1950-an dan 1960-an. Pada April 1947 Hopwood bergabung  dengan Norton untuk merancang mesin Norton Dominator.

BSA, produsen terbesar sepeda motor Inggris,  ketinggalan dalam perlombaan mesin paralel-twin. Meskipun BSA memiliki Twin  paralel, BSA A7 , mereka perlu mengembangkan Produk nya lagi  untuk tetap kompetitif. Pada bulan Mei tahun 1948, BSA  tertarik dengan  Hopwood setelah hanya satu tahun di Norton, dan dia ditugaskan untuk membuat BSA twin Paralel yang kompetitif.  Diluncurkan pada bulan Oktober 1949, BSA A10 golden flash rancangan Hopwood  banyak menarik  designer BSA sebelumnya yang membuat BSA A7  Page dan Bert Perkins .

BSA A10 ditingkatkan kapasitas mesinnya menjadi 650 cc (40 cu in), dengan  merevisi alloy rocker box dan Head silinder dari besi, ditambah Manifold integral untuk Amal karburator tunggal. semi-Unit gearbox berarti rantai primary dapat disesuaikan melalui  slipper tensioner didalam primary chaincase. Menggunakan Frame Rigid, akan tetapi ada pilihan yang lebih umum dengan menggunakan suspensi plunger, diproduksi untuk pasar ekspor.BSA A10 Golden Flash  menampilkan spatbor belakang berengsel untuk memudahkan mencopot roda belakang. BSA  Golden Flash ini banyak menggunakan Komponen / sparepart BSA A7 yang sudah terbukti kehandalannya, dengan mesin berkapasitas lebih besar dari BSA A7 sehingga lebih handal lagi, dengan risiko masalah teknis baru yang sangat minim.

BSA golden flash diluncurkan dalam warna emas baru, dan 80% dari produksi dikhusukan  untuk pasar Amerika Serikat. Hal ini mengakibatkan waktu pengiriman yang lebih lama untuk pelanggan di Inggris, dan model  yang ditawarkan hanya dalam warna hitam.

Meskipun tidak pernah dirancang sebagai sepeda motor sport ,BSA Golden flash tetap cepat dan kompetitif dengan Triumph Tiger 100 , mencapai lebih dari 100 mil per jam (160 km / h) dalam tes pada tahun 1950, dan menutupi seperempat mil berdiri (400 m) di bawah 16 detik. BSA golden flash dengan warna emas terbukti sukses dipasar, mengalahkan Triumph Speed ​​Twin dan 6T Thunderbird.

BSA khawatir tentang pemakaian suspensi plunger tidak akan memimpin pasar lagi dan butuh inovasi. Pada tahun 1954 pabrik mengadopsi pemakaian swingArm, dan spatbor berengsel telah dihapus.kelihatannya mundur selangkah, semi unit gearbox ditinggalkan dan diganti dengan “pra-unit” item. Desain baru rantai primary memiliki penyesuaian yang berbeda, kopling dimodifikasi, dan internal gearbox yang baru.

 

Sebuah model yang lebih Sportif, BSA Road Rocket A10 diluncurkan, dengan karburator Twin dan silinder Head almunium Alloy. Pada tahun 1956, Drum rem almunium yang dipasang sebagai standar untuk mengurangi berat  dan meningkatkan performa pengereman.

Pada tahun 1957, BSA super Rocket  dengan kecepatan 40 bhp (30 kW) 105 mil per jam (169 km / h)  diluncurkan untuk musim 1958, dengan Amal karburator TT dan high lift cam.

BSA Rocket Gold Star merupakan Pengembangan terakhir dari BSA A10 pada tahun 1962. Mesin BSA Rocket A10 super yang sudah di tuneup dipasang di BSA Gold Star single frame yang sudah terbukti kemampuannya. Permintaan untuk BSA Rocket Gold Star, atau “RGS”, adalah seperti yang non-original “RGS A10” s yang terkadang di upgrade ke spesifikasi BSA Rocket Gold Star.

Pada akhir 1950-an, sepeda motor produsen komponen listrik Lucas memutuskan untuk beralih produksi dari sistem magneto / dinamo menjadi sistem alternator / coil. Hal ini memaksa produsen sepeda motor buatan Inggris untuk segera mendesain ulang mesin mereka. Dengan peluncuran unit dengan kontruksi baru (gabungan mesin / gearbox) BSA A50 dan A65 BSA , A7 dan A10 dihentikan pada akhir 1962 namun BSA Rocket Gold Star masih dilanjutkan produksi nya sampai dengan tahun 1963.

BSA-A10-Golden-Flash
BSA-A10-Golden-Flash
BSA-A10-Golden-Flash-2
BSA-A10-Golden-Flash-2
BSA-Golden-Flash-3
BSA-Golden-Flash-3
BSA-Golden-Flash-1
BSA-Golden-Flash-1

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *