Sejarah Motor Bsa di indonesia

Mungkin di sekolah saat pelajaran sejarah  tidak dicatat atau di ajarkan tentang sejarah Motor tua khususnya sejarah motor Bsa ini (he he he he). Lanjut ke cerita sejarah Motor BSA, Menurut beberapa cerita yang saya dapat dari sesepuh pemudis dan saudara – saudara MACI, Motor BSA masuk ke indonesia pada masa Perang Dunia II yang di bawa oleh Tentara Belanda.  Pada zaman perang dulu motor Bsa ini digunakan Tentara belanda sebagai kendaran tansportasi.

Setelah  era kemerdakaan Motor Bsa ini di tinggalkan di Indononesia, khusus nya di Surabaya Kota Pahlawan yang dulu paling banyak motor BSA nya, kondisi nya banyak yg rusak dan dibiarkan tergelak di gudang begitu saja.

Pada Tahun  1958, ada orang  dari pematang Siantar, Sumatra Utara, berburu BSA ke pulau Jawa, tepatnya di kota Surabaya,Purwokerto, Banyumas, dan Jakarta,  beliau adalah Mbah Lanang sesepuh sekaligus penasihat BSA Owner Motocycles Siantar (BOM’S). Motor BSA itu baru ber-transmigrasi ke pematang Siantar Dengan menggunakan transportasi darat naik bus Antarlintas Sumatera (ALS) dan juga menggunakan jalur laut dengan kapal Tampomas II yang sudah tenggelam tahun 1981.

 

Di pematang siantar, BSA yg di beli dari pulau Jawa oleh Mbah Lanang dan Rekannya (Muhammad Rohim,Tikno dan Mbah Sari) di modifikasi  sebagai becak di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Becak siantar pernah mencapai 2.000 unit berkat jasa orang-orang seperti Mbah Lanang.
dengan mayoritas menggunakan sepeda motor BSA sebagai penariknya, akan tetapi jumlah sekarang tinggal sekitar 850 unit.

Hingga sekarang Becak  Siantar masih di lestarikan, dengan wadah Klub BOM’S  (BSA Owner Motocycles Siantar) Yang di Komandani oleh Bro Erizal Ginting.

becak siantar
becak siantar
Bsa M20
Bsa M20

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *